SURABAYA - TN BALURAN - BANYUWANGI

Alam Indonesia memang selalu menggoda untuk dijelajahi ditambah dengan tanggal merah di akhir minggu. Di bulan Mei 2016, ada tanggal merah yaitu 5 & 6 yang jatuh di hari kamis & jumat. Aahhhh.....pas sekali untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh. Tujuan kali ini adalah explore Banyuwangi dan sekitarnya. Setelah melihat harga tiket Jakarta - Surabaya pp yang sesuai dengan kantong kami maka trip kali ini dimulai pada tanggal 4 mei dan berakhir pada tanggal 7 Mei 2016. Sekitar Jam 6 lebih, kami telah tiba di Bandara Juanda Surabaya karena jadwal penerbangan kami yang dimajukan oleh maskapai menjadi jam 5 pagi dan sang guide pun sudah datang menjemput. Hari pertama ini tujuian pertama adalah Taman Nasional Baluran yang terletak di daerah Banyuputih Situbondo - sebelah utara dari kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional Baluran sering disebut juga dengan Africa Van Java karena jika anda datang di musim kemarau maka akan didapati savana yang kering. Namun jika datang di saat musim penghujan maka padang savana ini akan terlihat hijau sehingga tidak ada kesan akan Africa Van Java. Nama Baluran diambil dari sebuah gunung yang terletak di taman nasional ini yaitu Gunung Baluran. Luas kawasan Taman Nasional Baluran sekitar 25.000 hektar. 

Kami tiba di Taman Nasional Baluran sekitar jam 15.00 yang berarti telah menempuh waktu sekitar 9 jam perjalanan dengan istirahat makan siang sekitar 1 jam dan tanpa macet. Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran sebesar Rp.15.000/orang. Setelah selesai shalat Ashar kami pun masuk ke TN Baluran, waktu yang sudah cukup sore namun sang matahari masih memancarkan cahayanya dengan terang. Tempat yang ingin kami kunjungi adalah savanah bekol. 














Di sanah bekol ini, kami melihat burung merak, kerbau dan rusa tapi sayang tidak sempat aku foto. Matahari pun sudah mulai tenggelam maka kami pun segera meninggalkan TN Baluran untuk menuju ke kota Banyuwangi. Waktu yang ditempuh dari TN Baluran menuju kota Banyuwangi sekitar 2 jam, sekitar jam 8 malam kami pun tiba di penginapan. Kami langsung bersih-bersih, makan malam dan istirahat karena jam 11.00 kami harus bangun dan memulai perjalanan menuju kawah ijen.

bersambung ke Kawah Ijen - Banyuwangi

1 komentar: